Vision & Mission

Home / Who We Are / Vision & Mission

Vision

Young people in Christ – Orang muda di dalam Kristus

Domus Cordis ingin mewujudkan dunia yang semua orang mudanya hidup di dalam Kristus. Ini berarti mereka hidup seturut panggilan Tuhan, yaitu bukan hanya mengenal Kristus, tapi juga mencintai dan melayani Dia, sehingga Kerajaan Allah menjadi pengalaman yang nyata bagi semua orang.

Mission

Inspire young people to change the world in Christ – Menginspirasi orang muda untuk bergerak mengubah dunia di dalam Kristus.

Inspire berasal dari kata Latin “in” dan “spirare” yang artinya menghembuskan nafas ke dalam. DC ingin menghembuskan nafas cinta Tuhan ke dalam hati orang-orang muda lewat cara hidup dan berbagai inisiatif perubahan, sehingga generasi ini bergerak mengubah dunia menjadi lebih baik di dalam kasih dan kebenaran Kristus. Misi ini dijelaskan dalam 5 pokok:

1. On-going renewal in the Holy Spirit
Roh Kudus adalah cinta Tuhan yang mengampuni, menyembuhkan, memulihkan, bahkan memampukan kita untuk menciptakan dunia yang lebih baik. DC mau terus mengusahakan agar orang-orang muda terbuka pada gerakan Roh ini, yang terungkap antara lain lewat pertobatan, sakramen, serta gerakan hati dan ungkapan karunia-karunia Roh Kudus.

2. Spiritual formation
Hidup yang sejati, yang penuh perjuangan demi cinta dan kebenaran, adalah hidup seperti Yesus. DC mengundang orang-orang muda untuk berani dibentuk – lewat dinamika latihan rohani yang intensif dan keputusan-keputusan iman yang penuh tantangan, serta untuk terus diubah sampai pikiran, perasaan, dan pilihan mereka bersatu dengan debar Hati Yesus sendiri.

3. Vocational discernment and pursuit
DC mendorong semua orang muda untuk tidak asal hidup, tapi sungguh menghayati pilihan hidupnya (menikah atau selibat), dan bahkan bergerak seturut tuntunan Roh Kudus dalam mewujudkan passion, talenta, karunia Roh Kudus, dan mimpi-mimpi besar yang dari Tuhan. St. Katarina dari Siena mengatakan “Be who God meant you to be and you will set the world on fire”.

4. Servant leadership
Yesus adalah teladan servant leader sejati lewat kekuatan cinta dan visiNya bagi Kerajaan Allah. DC mengundang orang-orang muda untuk berani step up dan jadi servant leader seperti Yesus. Ini berarti bukan hanya memimpin dirinya sendiri hidup benar dan berani berkurban, tapi juga siap memimpin sesama orang muda menuju Kristus, dan bahkan mengambil resiko dalam iman lewat berbagai inisatif-inisiatif perubahan.

5. Solidarity with the poor and abandoned
Orang miskin dan terabaikan bukan hanya mereka yang kekurangan materi, tapi juga mereka yang kesepian, yang martabat hidupnya terancam, ataupun yang menjadi kurban ketidakadilan sosial karena lemahnya system, kebijakan, ataupun nilai-nilai yang berlaku. DC mau menanamkan semangat belarasa kepada semua orang muda, yang terungkap lewat berbagai upaya kolaboratif demi terwujudnya persaudaraan, keadilan, dan kesejahteraan sosial yang lebih menampakkan wajah Kristus di dunia ini.