7 Cor Values

Home / Who We Are / 7 Cor Values

7 Cor Values

Bagaimana DC mengerjakan inspire young people to change the world in Christ?
One person at a time, starting with me.

Kami bergerak mengubah dunia pertama-tama dengan menjalani hidup pribadi yang berusaha berubah menjadi lebih baik setiap hari. Yes, we change ourselves by striving to love better every day. Kedua, kami membangun relasi persaudaraan dengan orang-orang muda di sekitar kami, untuk saling menginspirasi dan saling menciptakan perbedaan hidup yang lebih baik di bidang-bidang tertentu. Ketiga, kami mengembangkan bidang-bidang ini agar menghasilkan perbedaan yang lebih luas melalui inisiatif-inisiatif kerasulan ataupun gerakan tertentu.

Ada 7 semangat utama yang mau dihidupi dalam proses ini:

1. Discipleship
Sebagai anggota DC, kami cordisian mau belajar rendah hati untuk setia belajar mencintai Kristus dan sesama lebih baik lagi setiap hari. Menjadi murid memang tidak pernah mudah karena ada banyak tantangan dan pilihan-pilihan berani yang harus dibuat, namun kami sadar semua itu membuahkan arti hidup dan sukacita yang sejati, bahkan kekal di surga.

2. Vocation
Kami mau menjalani hidup yang bukan sekedar asal lewat, tapi sungguh merayakan anugerah kehidupan karena punya tujuan yang pasti, panggilan yang dihayati dengan setia, serta tugas sehari-hari yang dijalankan dengan sukacita. Yes, we love not only Fridays, but also Mondays!

3. Obedience
Kami percaya Allah Bapa selalu mau menuntun hidup kita semua menuju kebahagiaan sejati. Untuk itu, walau terkadang ada hal-hal yang tidak/belum kami mengerti, kami belajar untuk tetap taat pada RohNya, yang menutun lewat gerakan hati kita, dan yang secara khusus juga menuntun lewat suara Gereja serta para pemimpin pelayan di komunitas.

4. Joy
Tuhan Yesus adalah alasan utama kami bersukacita. Semakin hidup ini tidak melekat pada apapun juga selain Kristus, semakin pula hidup kami penuh sukacita. Kami mau menularkan sukacita ini ke seluruh jagad raya!

5. Solidarity
Kami sadar bahwa pertama-tama kami terlebih dahulu menerima pemberian diri Allah yang rela menjadi rapuh dan miskin seperti kami sendiri. Maka kami tidak mau tinggal diam melihat sesama yang menderita, dan mau berbagi hidup sehingga dunia ini menjadi tempat yang lebih bersahabat bagi banyak orang.

6. Stewardship
Kami memilih untuk bermurah hati berbagi waktu, talenta, dan dana, demi pewartaan Kabar Gembira, karena semua ini sesungguhnya bukanlah milik kami sendiri, melainkan kekayaan Allah yang perlu dikelola dengan penuh tanggungjawab. Kami percaya hidup ini berkelimpahan bukan karena banyaknya yang bisa kita peroleh, tapi justru karena banyaknya yang bisa kita bagikan demi kesejahteraan bersama.

7. Eucharistic Life
Kami menimba kekuatan cinta dan seluruh aspek hidup kami, serta menyatukan dan mempersembahkannya ke dalam Ekarist Suci, yang adalah Yesus sendiri. Dia yang hadir dalam rupa Sakramen Mahakudus adalah alasan dan tujuan hidup kami. Di dalamNya kami berakar, bertumbuh, dan berbuah, hingga seluruh hidup ini menjadi seperti Hati Yesus yang menyala-nyala oleh cinta.

Seorang cordisian belajar untuk menghidupi nilai-nilai ini setiap hari, bukan sebagai peraturan, tapi sebagai semangat hati yang mau belajar untuk menjadi seperti Yesus. Nilai-nilai ini adalah inspirasi yang membantu cordisian untuk membuat pilihan-pilihan dalam hidupnya, sehingga setiap hari ia semakin diarahkan untuk berani melangkah dalam iman, pengharapan, dan kasih.

Be inspired, be bold, and be Eucharistic!