Spes Cordis 2017: Highlight

Home / Articles / Spes Cordis 2017: Highlight

Spes Cordis 2017: Highlight

Spes Cordis, yang artinya Harapan Hati ingin terus menginspirasi banyak orang muda bergerak mempromosikan  karya-karya kasih dan keadilan sosial. Terinspirasi dari kemurahan hati Tuhan sendiri, Spes Cordis ingin mewartakan bahwa setiap hati mempunyai harapan untuk tumbuh, berkembang dan berbuah dalam kasih Tuhan.

Program Pendampingan Spes Cordis

Program inti dari Kerasulan Spes Cordis adalah Program Pendampingan untuk anak-anak remaja. Saat ini Spes Cordis mendampingi 66 anak, bekerja sama dengan gerakan Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) dari 7 Paroki di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Spes Cordis mengimani bahwa pendampingan berkelanjutan dari usia kelas 2 SMP ini akan membentuk pribadi-pribadi yang mengimani iman Katolik, dapat mengenali panggilan hidup yang berasal dari Tuhan, bertanggungjawab secara finansial dan mempunyai bela rasa untuk berbagi kepada mereka yang lebih membutuhkan. Pertemuan dengan orang tua anak juga diadakan di setiap awal tahun ajaran untuk meningkatkan kesadaran pentingnya kerjasama dalam mendampingi anak dalam iman dan karakter. Selain Program Pendampingan Spes Cordis, karya sosial rutin yang diinisiasi adalah Karya Kasih di Perbukitan Menoreh dan Makan Siang Natal.

Karya Kasih Perbukitan Menoreh

Sukacita pun dirasakan ketika volunteer mengadakan karya kasih di Perbukitan Menoreh pada tanggal 7-10 Juli 2017. Karya pengobatan bagi penduduk di Perbukitan Menoreh ini sudah berlangsung sejak tahun 2005. Perbukitan Menoreh yang jauh dari fasilitas balai kesehatan, disamping pengetahuan masyarakat yang kurang memperhatikan asupan zat gizi, fasilitas penerangan yang kurang kondusif untuk membaca atau menonton televisi menggerakkan Komunitas Domus Cordis untuk memberikan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan. Tahun 2017 ini, selain pengobatan umum, pelayanan pemeriksaan termasuk pemberian kacamata dilakukan bagi penderita gangguan kesehatan mata. Sebanyak 148 orang telah mendapatkan layanan kesehatan dan juga 157 orang mendapat kacamata untuk membantu mendapatkan penglihatan yang lebih baik.

Makan Siang Natal

Makan Siang Natal adalah puncak dari gerakan Beta Sapa (Bergandengan Tangan Sayangi yang Papa). Bersama dengan komunitas-komunitas kategorial di KAJ, Makan Siang Natal sudah terselenggara di 11 lokasi yang berbeda dengan harapan akan lebih banyak orang merasa tersapa dan dicintai dalam jamuan makan bersama ini. Komunitas Domus Cordis dipercaya untuk menjadi panitia pelaksana di area Kelapa Gading. Pada tanggal 25 Desember 2017 kemarin, 317 orang dari sahabat-sahabat pemulung di area Kelapa Gading, Panti Asuhan Kasih Agape, umat yang membutuhkan dari Paroki Kelapa Gading dan Pulomas diundang dalam pesta makan bersama ini. Lebih kurang 200 orang volunteer ikut melayani dan berbagi sukacita Natal.

 

Recommended Posts
DomusCordis Rekoleksi_orang_tua_2017